Monday, January 15, 2018

Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika Terlengkap

ARTI BHINNEKA TUNGGAL IKA


Hay sahabat bertemu lagi dengan gudang berita, kini admin akan membahas tentang sejarah arti bhinneka tunggal ika. Tenteu nya semua terutama masarakat indonesia pasti mengenal semboyan ini. Tahu kah kalian arti dari semboyan tersebut?


Bhinneka tunggal ika dapat kita lihat terpampang jelas pada lambang garuda pancasila, yakni di bagian pita di bagian kaki nya.

baca juga : teks proklamasi , sejarah isi dalam ka'bah

Menurut sejarah peletakan semboyan bhinneka tunggal ika pada kaki burung garuda tersebut merupakan gagasan dari presiden soekarno. Semboyan ini telah mengakar kuat dalam jiwa masarakat indonesia, jauh sebelum negara ini di bentuk. Kalimat bhinneka tunggal ika bukan kalimat biasa tetapi kalimat ini memliki arti yang sangat penting bagi perjalanan sejarah indonesia yang terkenal sebagai bangsa yang majemuk.


Dalam kemjemukan itu lah bhinneka tunggal ika memainkan peranan nya sebagai semboyan pemersatu bangsa indonesia. Di kesemptan ini admin akan menjelaskan kepada pembaca arti dari semboyan bhinneka tunggal ika dan seberapa penting posisinya bagi bangsa indonesia.


Sejarah bhinneka tunggal ika , semboyan kata atau kalimat ini pertama kali di muat dalam sebuah karya yg berjudul KEKAWIN PURUSADASANTA ( KITAB SUTSOMA) yang di tulis oleh MPU TANTULAR tujuh abad silam pada zaman kerajaan Majapahit. Sebetul nya kalimat tesebut di buat mpu tantular untuk menyatukan perbedaan yang ada dalam dua agama besar saat itu. yakni Budha dan Hindhu. Bunyi lengkap bhinneka tunggal ika seperti yang termuat dalam kitab ter sebut sebagai berikut;


Rwaneka dhatu winuwus buddha wisma, bhinneki rakwa ring apan kea parwanosen, mangka ng jinatwa kalawan siwatatwa tunngal, bhinneka tunggal ika tan hana dharma mengrwa.

Artinya;    bahwa agama buddha dan siwa (Hindu) merupakan zat yang berbeda, tetapi nilai nilai kebenaran jina (buddha) dan siwa adalah tunggal.Terpecah belah tetapi satu jua, artinya tidak ada dharma yang mendua.


Moh Yamin lah yang pertama mengusulkan agar semboyan bhinneka tunggal ika tersebut di adopsi menjadi semboyan negara. Lalu usul ini di terima oleh soekarno dan ikut menjadi pembahasan dalam rapat BPUPKI. Dan pada akhir nya semua sepakat bahwa bhinneka tunggal ika menjadi semboyan bersama sama dengan burung garuda yang di tetapkan sebagai lambang indonesia.


Lantas apa arti dari arti bhineka tunggal ika? kalimat tersebut berasal dari 3 suku kata yakni; Bhinneka, artinya; beragam. Tunggal, artinya; satu. Ika, artinya; itu.
gabungan dari kata tersebut umum di artikan sebagai "berbeda beda tetap satu jua".


Bagi bangsa indonesia kalimat ini sebagai pemersatu atau pengikat, kalimat tersebut mempunyai makna agar negara indonesia utuh dalam ikatan negara kesatuan indonesia. Agar tidak mudah terpecah belah serta kokoh dalam menghadapi ancaman.

Demikian artikel tentang semboyan bhinneka tunggal ika, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait