Wednesday, January 17, 2018

Biodata Ir. Soekarno - Pahlawan Nasional

Ir. Soekarno, siapa si yang gak kenal dengan beliau, seorang yang hebat pendiri bangsa (founding father) indonesia. Sekaligus menjadi presiden pertama indonesia. Dalam biodata kali ini kita akan melihat kegigihan, ketabahan dan semangat Ir. soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia.


Gambar ;    Ir. Soekarno

Pemimpin yang mempunyai karismatik ini mampu di segani kawan maupun lawan,mendapatkan julukan Singa Podium karena pidato yang berapi-api hingga mampu membakar semangat semua rakyat indonesia untuk berjuang meraih kemerdekaan. Semasa hidup beliau mampu merakyat dengan rakyat kecil hingga di sebut sebagai Penyambung Lidah Rakyat. Dan beliau memang sudah lama meninggal namun seolah tetap hidup lewat ajaran atau pemikiran yang di tinggal kan beliau untuk bangsa ini. Dalam biodata ini Gudang Berita akan mengajak  para pembaca untuk mengenal terlebih dahulu sejarah hidup Ir. soekarno.


Selamat membaca ;
Ir. soekarno ( 1901 - 1970 )

Biodata Ir. Soekarno secara singkat


  • Lahir :  Surabaya, 6 juni 1901
  • Wafat :  Jakarta, 21 juni 1970
  • Dimakamkan :  Kota Blitar, Jawa Timur
  • Kebangsaan :  Indonesia
  • Anank-anak :  
  1. Putra : Guruh Soekarnoputra, Guntur Soekarnoputra, Bayu Soekarnoputra, Taufan Soekarnoputra, Totok Suryawan.
  2. Putri : Megawati Soekarnoputri, Kartika Sari Dewi Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, Ayu Gembirowati, Rukmini Soekarno.
  • Pasangan atau Istri :
  1. Siti Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Kartini Manopo, Ratna Sari Dewi Soekarno, Haryati, Yurike Sanger, Heldy Djafar.
  • Pendidikan :  
  1. Sekolah Dasar Bumi Putra
  2. HBS ( Hoogere Burger Schol)
  3. Technische Hoogeschool, Sekarang ITB
  • Penghargaan:
  1. Penghargaan perdamaian Lenin (1960)
  2. Bintang Kehormatan Filipina (1965)
  3. Doktor Honoris Causa dari 26 Universitas 
  4. The Order Of The Supreme Campanions Of OR Tambo (Presiden Afsel - 2005)
  • Orangtua :  Soekemi Sosrodihardjo (Bapak), Ida Ayu Nyoman Rai (Ibu).
  • Gelar Pahlawan :  Pahlawan Nasional
Kemerdekaan bangsa ini adalah berkat perjuangan beliau dan seluruh rakyat indonesia, bukan atas pemberian dari pihak manapun terutama jepang. Beliau menjadi presiden pertama dan memerintah selama 22 tahun. Soekrano meninggal saat ber usia 69 tahun, dan di makamkan di Blitar, Jawa Timur.

Demikian uraian tentang biodata beliau Ir. Soekarno semoga menambah ilmu dan wawasan buat kita, dan menumbukan rasa nasionalisme yang kuat. Semoga bermanfaat bagi pembaca, terimaksih jangan lupa share

Artikel Terkait