Wednesday, January 17, 2018

Biodata RA Kartini - Pahlawan Pergerakan Nasional

Kembali lagi sahabat dengan Gudang Berita, kali ini kita akan membahas tentang biodata seorang pahlawan pergerakan nasional yaitu ibu kita  RA Kartini. Dalam biografinya ibu RA Kartini merupakan seorang pejuang emansipasi perempuan indonesia.

Lahir dari keluarga seorang bangsawan jepara sepertinya tidak berhasil menggoda beliau untuk hidup bermewah mewahan.Justru kala iu Kartini malah sibuk memikirkan kaum nya (Perempuan Indonesia) agar mendapat kan pendidikan dan berbuat lebih banyak lagi.

Semangat nya yang begitu gigih untuk memajukan perempaun terangkum dengan jelas dari karya nya Habis Gelap Terbitlah Terang. Ibu Kartini memang sudah lama tiada akan tetapi jati diri pahlawan pergerakan nasional ini akan terus menjadi inspirasi bagi pejuangan kaum perempuan. Perjuangan yang mengagumkan itu lah yang kami angkat kembali melalui biodata kali ini.

RA Kartini ( 1879 - 1904 )


Gambar : RA Kartini

Biodata Raden Ajeng Kartini


Lahir:  Jepara, 21 April 1879

Meninggal:  Rembang, 17 September 1904

Dimakamkan:  Makam Keluarga Kartini

Pasangan/Suami:  Raden Adipati Joyodiningrat

Anak:  Soesalit Djojoadhiningrat

Orangtua:  Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat (Ayah), Dan M.A Ngasirah (Ibu)

Pendidikan:  E.L.S ( Europese Lagere Schol)

Karya: Habis Gelap Terbitlah Terang

Penghargaan: 
  • Pahlawan Pegerakan Nasional (1964)
  • Hari Lahirnya, Ditetapkan Sebagai Hari Kartini


Habis Gelap Terbitlah Terang menjadi kenyataan, kondi yang gelap yang pernah di alami oleh beliau telah berubah menjadi terang benderang bagi kaum perempuan indonesia lain nya. Itu lah jasa besar kartini yang tiada mungkin di lupakan oleh permpuan perempuan indonesia yang menjadi bebas sebebas bebas nya untuk meraih apapun yang menjadi  cita cita nya. Perjuangan yang di lakukan oleh Raden Ajeng Kartini sangat di hargai pemerintah indonesia hingga putri asal jepara itupun di anugrahi gelar sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional pada tahun 1964.

Demikian uraian tntang biodata RA Kartini, semoga menambah ilmu pengetahuan kita dan dapat bermanfaat bagi pembaca. terimakasi, janngan lupa share

Artikel Terkait