Thursday, January 18, 2018

Biodata KH Ahmad Dahlan - Pendiri Muhamadiyah

Kembali lagi sahabat dengan Gudang Berita, kali ini kami akan membagikan tentang biodata KH Ahmad Dahlan. Siapa si yang tidak tau dengan beliau, beliau adalah seorang ulama besar pendiri Muhammadiyah sekaligus pahlawan indonesia juga.

Disini Gudang Berita akan sedikit membahas biografi KH Ahmad Dahlan terlebih dahulu, kali ini kami akan mengajak anda untuk melihat bagaimana kiprah beliau dalam memajukan Islam di bumi pertiwi dan sumbangan pemikiran nya bagi kemerdekaan indonesia.

Peran beliau yang luar biasa tersebut sempat diangkat di sebuah film yang berjudul "Sang Pencerah". Sosok beliau di peran kan oleh Lukman Sardi, dan nama beliau pun di abadikan sebagai salah satu nama universitas yang berada di indonesia.

(1868 - 1923)
 Gambar; KH Ahmad Dahlan


Biodata Singkat KH Ahmad Dahlan


Lahir; 1 Agustus,1868 Yogyakarta Indonesia

Meninggal; 23 Febuari 1923, Yogyakarta Indonesia

Psangan/Istri; Siti Walidah - Nyai Ahmad Dahlan

Orangtua; KH Abu bakar (Ayah), Dan Nyai Abu Bakar (Ibu)

Anak-Anak; 
  • Laki-Laki; Dandanah, Irfan Dahlan, Siradj Dahlan
  •  Perempuan; Djohanah, Siti Aisyah, Siti Zaharah, Siti Busyro
Organisasi Yang Didirikan; 
  • Muhamadiyah
  • Aisyiyah
Penghargaan; Pahlawan Nasional

KH Ahmad Dahlan merupakan putra keempat dari tujuh bersaudara dari keluarga KH Abu Bakar, ulama dan khatib terkemuka di masjid besar kesultanan Yogyakarta saat itu. Dan ibu beliau adalah putri dari H ibrahim yang juga bekerja sebagai penghulu kesultanan Yogyakarta.Dari sejak belia memang beliau sudah di tanamkan tentang pendidikan agama islam, karena itu kemudian Ahmad Dahlan pergi ke mekkah untuk menunaikan ibadah haji sebagai pengabdian nya kepada agama islam.

Usai menjalankan ibadah haji beliau menetap di mekkah selama 5 tahun untuk memperdalam ilmu agamanya. Beliau berguru ilmu agama kepada siapa saja karena bagi beliau ilmu dapat di dapatkan dari siapapun, diantara nya guru beliau terdapat Muhamad Abduh Al-Afghani, Rasyid Ridha, dan Ibnu Taimiyah. tidak lama setelah kembali ke tanah air beliau yang dahulu kecil mempunyai nama Muhamad Darwis, mengganti nama nya menjadi Ahmad Dahlan dan juga menikah dengan Siti Walidah.Kemudian Siti Walidah di kenal sebagai Nyai Ahmad Dahlan yang juga berperan sebagai seorang Pahlawan Nasional.

KH Ahmad Dahlan adalah salah satu tokoh yang ber jasa bagi pergerakan bangsa dan agama.Beliau merupakan salah satu tokoh pembaharuan Islam yang Demokratis. Atas jasa dan perjuangan nya itu pemerintah menganugrahinya gelar pahlawan. beliau juga adalah salah satu pelopor yang peduli kepada kehidupan sosial masarakat dan patut menjadi contoh dan teladan. Pada tanggal 27 Desember 1961 KH Ahmad Dahlan resmi menjadi Pahlawan Indonesia.

Demikian urain tentang sedikit profil KH Ahmad Dahlan, semoga menambah ilmu pengetahuan kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. terimkasih jangan lupa share

Artikel Terkait