Thursday, January 18, 2018

Biodata Dan Profil Sutomo, Bung Tomo - Pahlawan Nasional Terlengkap

Kembali lagi sahabat dengan Gudang Berita, kali ini admin akan memberikan sedikit informasi tentang pahlawan yang hebat yaitu Sutomo. Sutomo atau yang lebih di kenal oleh masarakat dengan sebutan Bung Tomo ini  adalah pahlawan yang berasal dari Surabaya. Bung Tomo memiliki jasa yang besar terhadap upaya mempertahankan kemerdekaan indonesia dengan melawan penjajah yang ingin kembali menjajah indonesia, tepat nya di kota Surabaya.

Bung Tomo berhasil menjadi orator dan berhasil membakar semangat arek - arek Suroboyo untuk kembali melawan penjajah yang kita kenal dengan Pertempuran 10 November 1945, yang di peringati sebagai Hari Pahlawan.
( 1920 - 1981 )
Gambar; Sutomo ( Bung Tomo)


Profil Sutomo ( Bung Tomo )


Lahir; Blauran, Surabaya, 3 Oktober 1920

Wafat; Padang Arafah, Arab Saudi, 7 Oktober 1981

Agama; Islam 

Kebangsaan; Indonesia

Pasangan/Istri; Sulistina Sutomo

Anak; Bambang Sulistomo

Gelar; Pahlawan Nasional

SK Presiden; Keppres No. 41/TK/2008, Tanggal 6 November 2008


Setelah kemerdekaan indonesia Bung Tomo pernah aktif pada politik pada tahun 1950-an. Namun pada awal tahun1970-an beliau berbeda pendapat dengan pemerintah Orde Baru, Pada 11 April 1978 Bung Tomo di tahan Oleh pemerintah selama ( 1Tahun ) , Karena keritik - keritiknya yang pedas.

Pertempuran  Surabaya adalah salah satu perang terberat yang pernah di hadapi inggris sesuai PD II. Bahkan seorang Jenderal Inggris tewas saat terjadi perang di Surabaya.

"Selama banteng-banteng indonesia masih mempoenjai darah merah jang dapat membikin setjarik kain poetih mendjadi merah dan putih, maka selama itoe tidak akan maoe menjerah kepada siapapoen djuga!!!" 

  -BUNG TOMO-


Demikian sedikit biografi tentang Bung Tomo dari Gudang berita. Semoga menambah ilmu kita tentang pengetahuan pahlawan nasional, terimaksih

Artikel Terkait

Newest Post